Yt University - шаблон joomla Окна

"Workshop Pengembangan Penelitian"

Post by Admin : 1 Oktober 2016


Unpak - Seindah dalam kata terbesit ungkapan yang memiliki makna arti dari sebenarnya untuk pendidikan di negara Indonesia yang sangat banyak ragam untuk dapat diteliti, dijadikan nilai kajian khususnya para ilmuan yang ada di Perguruan Tinggi.

Dalam "Seminar dan Workshop Pengembangan Penelitian Pendidikan dan Publikasi Ilmiah", di aula Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan langsung dibuka dan diresmikan oleh Rektor Universitas Pakuan Dr.H.Bibin Rubini. Semoga dengan adanya seminar ini dapat membawa semangat bagi para dosen yang perlu untuk mengembangkan profesionalisasinya demi kemajuan pendidikan di Indonesia, khususnya di Universitas Pakuan.

Kesediaan waktunya sebagai nara sumber Prof. Dr. Anna Permanasari (Guru Besar Universitas Pendidikan Indonesia), menyatakan; Rendahnya kapsitas dosen di Indonesia dalam melakukan penelitian disebabkan oleh berbagai faktor. Faktor utamanya adalah kelemahan dalam melakukan penelitian yang berkesinambungan, sehingga menyebabkan produk penelitian menjadi tidak jelas.

Penelitian yang berkualitas dimulai dengan pengembangan kelompok bidang kajian/keahlian (KBK), yang selanjutnya ditindaklanjuti dengan pengembangan rencana penelitian berkelanjutan, yang didasarkan pada kerangka pemikiran yang intinya berfokus pada upaya mengatasi berbagai permasalahan melalui penelitian. Menjelaskan bahwa tugas dosen tidak hanya sebatas mengajar saja, tetapi harus juga melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang salah satunya adalah penelitian.

Untuk menciptakan penelitian yang berkualitas, dapat dibentuk suatu kelompok bidang penelitian (KBK) yang nantinya dapat menciptakan penelitian yang berkesinambungan dan adanya produk penelitian yang jelas. Sementara itu pada sesi selanjutnya, Dr. Nusa Putra, S.Fil., M.Pd. (staf dosen Universitas Negeri Jakarta) menerangkan bahwa metodologi penelitian semakin lama semakin berkembang, tidak hanya terbatas pada metode penelitian kualitatif atau kuantitatif saja, namun dapat dikombinasikan menjadi metode campursari (mixed method) yang dapat memanfaatkan kelebihan dan meminimalkan kekurangan dari metode kualitatif dan kuantitatif sehingga hasil penelitian di bidang pendidikan menjadi lebih baik.

Bacaan menarik ini, selengkapnya bisa unduh file di bawah ini :

Download File (Pdf)
Size :
328 KB

pic1

Translate Bahasa

Indonesian Arabic English Japanese

Kontak Kami

Jl. Pakuan PO Box 452
Bogor Jawa Barat 16143
Indonesia

Telp/Fax : 0251-8375608
Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.